HaderiHaderi Ideris adalah seorang penulis yang juga menggunakan nama pena Haderi atau Haderi Idmukha. Haderi Ideris adalah anak pertama dari pasangan suami istri Ideris dan Hamdanah. Lahir di Amuntai, 15 Agustus 1973. Sarjana Fakultas Tarbiyah, IAIN Antasari Banjarmasin, ini memulai pendidikan dasarnya di SDN Karya Sejati (SDN Garunggang), melanjutkan ke MTsN Amuntai dan MAN 1 Amuntai. Aktivitas sehari-harinya adalah Guru pada Ponpes Darul Ulum Amuntai Kalimantan Selatan. Dua hari menjelang ulang tahunnya yang ke-38, alhamdulillah ia bisa mewujudkan mimpinya, menerbitkan buku perdananya dengan judul “Mudah Menulis Cerpen” (2011) terbitan LeutikaPrio. Tidak berselang lama, ia kembali menerbitkan buku dengan judul “Sekarang Saatnya, Belajar Menulis dengan Menulis” (2011). Ayah dari tiga orang anak ini berdomisili di Jalan Amuntai-Tanjung, Desa Panangkalaan RT 4 nomor 46, kec. Amuntai Utara, Kab. Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Kode Pos 71471. Suami dari Lailawati, S.Ag ini dalam mengembangkan kemampuan menulisnya, ia juga aktif di PNBB (Proyek Nulis Buku Bareng), sebuah komunitas menulis dan menerbitkan buku.



Judul: Celoteh Anak Rumput – Seri 1 (Kumpulan Esai)
Penulis: Haderi Idmukha
Penerbit Digital: Pustaka Hanan
Tebal: 68 Halaman
E-Book ini adalah kerjasama Perpustakaan Online dengan komunitas menulis PNBB (Proyek Nulis Buku Bareng)


Baca di Google Play


Sinopsis Bagian 1:


Setiap kita punya celoteh tersendiri tentang banyak hal, mulai dari hal-hal terdekat di sekitar kita, keluarga, hingga tentang negeri kita dengan berbagai polemik yang terjadi. Setiap celoteh itu menghasilkan perenungan. Tentu saja perenungan agar kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Inilah yang berusaha diramu oleh seorang penulis asal Banjarmasin, Haderi Idmukha, lewat kumpulan esainya yang berjudul “Celoteh Anak Rumput”. Kumpulan esai ini merupakan kumpulan artikel dan esai yang pernah dipublikasikan di harian Banjarmasin Post dan catatan Facebook.


Ada apa dengan anak rumput? Penulis menggunakan istilah ini karena menyadari bahwa dirinya hanyalah rakyat jelata, orang pinggiran yang coba berceloteh lewat tulisan sekaligus sebagai seorang pembelajar menulis. Ibarat pohon, penulis adalah anak rumput yang baru tumbuh. Namun, walau begitu, ia berharap ada hikmah yang bisa diambil dan ada manfaat yang bisa dipetik dari celotehannya lewat e-book ini.


E-book “Celoteh Anak Rumput” ini terdiri atas tiga seri. Di setiap serinya terdapat beberapa sesi terpisah yang dapat memudahkan pembaca dalam memahami perenungan demi perenungan yang ada. Semoga kumpulan artikel inspiratif ini mampu menginspirasi kita untuk berbuat lebih baik.


Judul: Celoteh Anak Rumput – Seri 2 (Kumpulan Esai)
Penulis: Haderi Idmukha
Penerbit Digital: Pustaka Hanan
Tebal: 63 Halaman
E-Book ini adalah kerjasama Perpustakaan Online dengan komunitas menulis PNBB (Proyek Nulis Buku Bareng)


Baca di Google Play


Sinopsis Bagian 2:


Jika seri pertama Celoteh Anak Rumput yang lalu memuat berbagai celoteh dan renungan tentang diri dan kesehatan, maka di e-book seri keduanya ini, penulisnya yang bernama Haderi Idmukha mengulas berbagai celoteh dan renungan tentang pendidikan dan negeri kita. Berbagai pandangan dan pendapat dikemukakan dengan gaya yang sederhana dan dekat dengan keseharian kita, sehingga membacanya menjadi sesuatu yang begitu mengasyikkan.


Masih tetap sebagai kumpulan esai, penulis mencoba mengungkapkan pemikirannya tentang dunia yang dekat dengan dirinya, yaitu dunia pendidikan. Begitu juga tentang negeri kita, yang selalu saja dirundung masalah, telah ditulis dengan baik sehingga mudah dipahami siapapun yang membacanya.


Semoga e-book ini bernilai manfaat bagi Anda, sebab di dalamnya, Anda akan menemukan banyak sekali pelajaran tentang kehidupan.


Judul: Celoteh Anak Rumput – Seri 3 (Kumpulan Esai)
Penulis: Haderi Idmukha
Penerbit Digital: Pustaka Hanan
Tebal: 31 Halaman
E-Book ini adalah kerjasama Perpustakaan Online dengan komunitas menulis PNBB (Proyek Nulis Buku Bareng)


Baca di Google Play


Sinopsis Bagian 3:


Di dalam e-book seri pertama dan keduanya, Haderi Idmukha telah berceloteh tentang banyak hal, mulai dari renungan diri, pendidikan, kesehatan, hingga tentang negeri kita. Kini di seri ketiganya, Celoteh Anak Rumput akan bercerita tentang keluarga dan agama.


Agama adalah dasar pijakan sebuah keluarga. Untuk menjadi keluarga yang berkualitas, pondasi agama sangatlah penting dikokohkan, karena agamalah yang membentengi anggota keluarga dari perbuatan-perbuatan negatif. E-book Celoteh Anak Rumput seri 3 ini berisi delapan kisah tentang orangtua, anak, kasih sayang dan pasangan yang berkaitan dengan agama. Semoga lewat seri ketiganya ini, penulis berharap dapat memberikan kontribusi perbaikan keluarga menjadi lebih baik.


CC-BY-NC-NDE-book ini dapat disebarkan secara bebas untuk tujuan non-komersial (nonprofit) dan tidak untuk diperjualbelikan, dengan syarat tidak menghapus atau merubah sedikitpun isi, atribut penulis dan pernyataan lisensi yang disertakan.