Hah?. Riddle bersambung?. Biasanya Riddle kan cuma 1 cerita yang membingungkan. Kali ini aku membuat Riddle Bersambung. Maksudnya beberapa Riddle digabung jadi cerita. Baiklah, kita mulai!

Riddle 1

Detektif Ridley ingin pergi ke pantai. Padahai pantai tersebut terkena badai 2 hari yang lalu. Saat ingin bersantai, ada teriakan dari hotel dekat pantai tersebut. Detektif Ridley pun mendatangi hotel tersebut. Ternyata ada mayat di lantai 1 ruang tengah. Korban dikenali sebagai Sekretaris Hotel. Diduga korban sudah tewas sejak 2 hari yang lalu. Ada 3 orang yang dicurigai sang detektif. Dia pun mewawancarai ketiga orang tersebut. Berikut hasil wawancara tersebut.

Bos Hotel: Aku sangat sibuk bekerja hari itu. Jadi, aku tidak mungkin membunuhnya
Lift Boy: Aku demam di hari itu, jadi aku tidak ke hotel. Dulu aku memang seorang pembunuh, namun sekarang aku sudah insaf. Jadi, mana mungkin aku pembunuhnya.
Pengunjung: Aku tidak membunuhnya. Aku saja baru tinggal dekat sini sejak 5 hari yang lalu. Lihat tenda di pantai itu!. Itu tenda saya.

Siapakah yang berbohong?
Jika anda tahu siapa yang berbohong, maka anda akan tahu siapa pembunuhnya.

Riddle 2

Bos hotel pun kembali ke ruangannya setelah diwawancarai Detektif Ridley. Namun ketika duduk, dia pun memanggil detektif lagi. Ternyata dia kehilangan amplop berisi Rp. 5 Juta. Diduga amplop tersebut dicuri saat bos diwawancarai oleh Detektif di Ruang Tengah. Dan ada 3 orang di ruangan tersebut. Detektif Ridley pun mewawancarai ketiga orang tersebut. Berikut hasil wawancara tersebut:
Si A: Aku sedang menyapu saat itu, jadi aku sibuk. Namun aku melihat Si B mengambil amplop itu.
Si B: Aku memang mengambil amplop itu. Namun aku selipkan di buku telepon halaman 185-186.
Si C: Aku melihat amplop itu dibawah meja bos setelah aku keluar dari toilet. Kuambil dan kulihat isinya kosong, lalu amplop tersebut kubuang.
Siapa yang berbohong?
Jika anda tahu siapa yang berbohong, maka anda akan tahu siapa pencurinya.

Riddle 3

Bos hotel berterima kasih atas bantuan detektif di hotelnya. Dia mengadakan pesta. Namun dia masih ingin menguji detektif. Dia pun mengirim surat kepada detektif. Berikut isi suratnya:

Yth. Detektif

Ini aku, bos dari hotel yang kau bantu di dekat pantai itu. Aku mengadakan pesta untukmu. Namun rumahku terletak di antara 11 Komplek Mansion Lingkaran. Aku hanya memberi petunjuk. Berikut Petunjuknya:

Tak mungkin membawa kendaraan ke jalan komplek ku.
Enaknya jalan kaki saja kerumahku.
Namun hati-hati, biasanya jalannya becek, sebaiknya gunakan sepatu boots.
Gunanya agar kakimu tak kan kotor.
Agar kamu datang secara bersih.
Hanya sedikit becek di bajumu, aku mungkin berpikir dua kali untuk mengadakan pesta ini.
Segitu saja petunjuknya, semoga kamu dapat menemukan rumahku. Ingat! Jangan ada sedikit pun kekotoran dibajumu.

Salam
Bos Hotel


Setelah berpikir keras, akhirnya tahulah detektif dimana letak rumah tersebut. Dimana letaknya?
Riddle 4
Selesailah pesta. Pulanglah sang detektif. Namun ketika hampir sampai ke jalan utama. Ada teriakan dari rumah sang bos hotel. Detektif Ridley pun kesana dan melihat sang bos hotel sudah tewas. Di rumah tersebut, hanya ada 3 orang yakni Tukang Masak, Tukang Sapu, Tukang Asuh Anak. Sang detektif pun mewawancarai ketiga orang tersebut. Berikut hasil wawancara:
Tukang Masak: Aku sedang sibuk memasak di dapur saat itu.
Tukang Sapu: Aku sedang sibuk menyapu di salah satu sudut saat itu.
Tukang Asuh Anak: Aku sedang sibuk mengasuh anak saat itu.
Siapakah Pelakunya?


Sampai situ saja Riddlenya. Semoga Berhasil :D