Woodpecker Detective's Office


Woodpecker Detective's Office adalah sebuah anime yang dibuat oleh Studio Liden Films dan dirilis pada 2020. Anime ini merupakan saduran dari novel berjudul sama yang ditulis oleh Kei Ii pada tahun 1999. Anime ini memiliki 12 episode yang ditayangkan sejak 13 April 2020 sampai dengan 29 Juni 2020.


Melalui network aslinya di Jepang --yakni Tokyo MX, BS Fuji, CS Family Gekijo-- dan berdasarkan informasi tersebut, cerita ini tamat. Namun melalui network Asia Tenggara --yakni Animax Asia--, cerita ini masih tayang pada hari Rabu, 1 Juli 2020 dan diklaim Express From Japan.


​​​​Aku mengetahui anime ini dari trailer Animax Asia sendiri, kemudian update mereka melalui Facebook Fanspage. Update yang mereka bagikan biasanya cuplikan scene, diposting mungkin oleh studio anime melalui Twitter.


Pada hari tersebut, jam 16:30 WITA ditayangkan episode kesebelas yang berjudul "Puisi Kesebelas: ... Roh Jahat". Yang titik-titik itu penanda aku lupa apa.


Aku dihadapkan dengan tokoh utama pertama yakni Ishikawa Takuboku. Dia merupakan seorang detektif swasta sekaligus penulis novel Jepang seharusnya. Akan tetapi, pada episode tersebut dia terlihat kelelahan, dan sedang menggubah sebuah puisi yang masih dipikirkan.


Kemudian tokoh utama kedua yakni Ryosuke Kindaichi. Ditampilkan posturnya lebih tinggi daripada Ishikawa, diceritakan sebagai seorang mahasiswa kuliah juga asisten dari Ishikawa tadi.


Jujur, aku hanya menonton first-half dari episode ini. Ya, aku tidak menonton secara keseluruhan.


Berdasarkan judul, episode ini sedikit dipengaruhi oleh legenda roh jahat. Diceritakan bahwa telah terjadi lima penculikan anak, namun anak yang kelima lebih lama kembalinya. Itu sih inti cerita dari yang kutonton.


Pendapatku terbagi dua. Suka dan tidak suka.


Suka karena anime ini bergenre misteri, genre favorit saya. Kemudian karena menggabungkan klasik dengan modern.


Saya sering membandingkan berbagai anime. Hyouka saya kurang suka karena terlalu klasik sehingga agak membosankan. Conan dengan kebanyakan action ditambah modern jadinya kurang suka. Saya rasa anime Woodpecker Detective's Office ini sama dengan The File of Young Kindaichi, dimana mereka menggabungkan sesuatu yang klasik dengan modern.


Tidak suka karena aku tidak bisa terbawa. Meski aku kurang suka Conan, namun episode satu adalah episode favorit saya karena berhasil membawa saya ke dalam cerita. Anime Woodpecker Detective's Office terasa sangat kaku, seperti loncat-loncat antar satu scene ke scene lainnya sehingga saya kurang paham meski jalan ceritanya dapat dipahami.


Itu saja pendapat saya. Saya bukan YouTuber yang memberi pendapat di channelnya. Saya sebenarnya juga bukan blogger, namun orang yang memerlukan tempat untuk memberi pendapat.


Kesalahan murni dari saya, Nafis. Sementara kebenaran selalu hanya satu, yakni dari Tuhan Yang Maha Esa. Salam smiley.