TribunNews


Halo, namaku Muhammad Nafis. TribunNews dari hari ke hari semakin parah, walaupun aku sudah menuliskan cara menghindari tribunnews tapi rasanya itu tidak ada gunanya. Para blogger mulai bertumbangan di halaman pertama di pencarian Google, maka tidak ada cara lain selain kita meneliti bagaimana cara mereka bisa selalu berada di halaman pertama.


Aku ingatkan bahwa ini hanya berdasarkan penelitianku sebagai blogger yang setia menjadi newbie dan tidak diketahui oleh orang banyak. Jika terdapat kesalahan, maka harap dimaklumi. Baiklah, ini adalah cara-cara yang mereka gunakan untuk tetap berada di halaman pertama di pencarian Google.


Judul yang Clickbait


Yuni Shara


Hal ini sudah kubahas di artikel sebelumnya, dan akan kuulang di artikel ini lagi. Nyatanya, trik sampah ini selalu jadi andalan mereka. Bagaimanapun isi artikel sebenarnya, kalimat mereka rancang sedemikian rupa sehingga menjadi umpan sehingga tertarik meng-klik artikel tersebut, dan pada akhirnya isinya tidak sesuai judul. Ciri khas TribunNews memang demikian, namun untuk ini tidak bisa dimaklumi, kasian blogger yang ingin berada pada urutan atas. Aku? Bukan! Untuk sekarang, aku setia menjadikan blogging sebagai hobi, because I love it.


Ketika dibandingkan, hasil pencarian Google tidak hanya menampilkan yang relevan namun juga menampilkan yang paling banyak dikunjungi, demikianlah yang membuat (sekali lagi) trik sampah ini membuat pamor TribunNews naik daun.


Tahu Tentang Tren


Kalian bisa melihat di Google Trends, lagi-lagi hampir TribunNews yang menguasai semuanya. Kenapa? Karena mereka sendiri bagian dari Kompas.


Percaya atau tidak percaya, itu terserah kalian. Nyatanya itu benar adanya. Bedanya hanyalah Kompas didesain untuk berita terpercaya, aktual, independen dan sifat-sifat baik lainnya, dibandingkan dengan TribunNews, jelas kebalikannya. TribunNews sendiri sudah sering "terkena noda hitam" akibat perbuatan mereka sendiri, hampir dipidanakan, namun uang mereka sudah banyak. Ini tidak lepas dari trik Kompas yang agak kapitalis ini.


Mereka juga tahu "selera warganet Indonesia" sehingga mereka yang sudah banyak mempunyai penulis dengan mudahnya membuat artikel yang clickbait lagi, tidak peduli isi artikelnya kemanapun mengalirnya. Adsense mereka pun naik akibat gara-gara hal sampah ini.


Bekerjasama dengan Google


Istilah orang dalam itu seperti benar adanya, Google yang mengetahui ini memanfaatkan TribunNews. Itulah cara kerja Google.  Kita bisa melihat ketika Google dengan salah satu anak perusahaannya, yakni YouTube. Ketika ada YouTuber yang sudah terkenal (subscriber banyak misalnya) kemudian mereka akan pamit, mereka tidak akan membiarkan hal itu terjadi. MUngkin mereka akan memperbesar gaji adsense mereka asal mereka tetap berada di YouTube. Karena apa? Karena yang lebih untung adalah mereka, yeah, Google  yang sebenarnya diuntungkan. Lagi-lagi karena paham kapitalis yang membutakan ini.


KIta bisa membuktikan dengan melihat halaman awal Chrome Android berikut ini:


Halaman Awal Chrome


Haha laugh. Kita benar-benar bisa melihat mereka benar-benar membabat habis semua topik artikel. Semua itu tidak lepas dari kerjasama mereka dengan Google. Google melalui pengiklan mereka yang di Adsense, dan TribunNews sebagai publisher melakukan simbiosis mutualisme yang seolah tak terelakkan.


Demikianlah analisaku terhadap mengapa TribunNews selalu bisa berada di halaman pertama pencarian Google, lakukanlah hal tersebut juga, jika kalian ingin dan jika kalian bisa. Haha.


Baiklah, aku Nafis. Bacalah artikel lainnya!